Hindari Hp Lemot Dengan 5 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Berikut

 Terlalu banyaknya aplikasi bawaan atau default yaitu masalah yang jauh lebih umum terjadi di ponsel Android. Hal itu dikarenakan ada lebih banyak pembuat ponsel yang mengeluarkan perangkat Android. Dalam beberapa kasus, pengguna Android mampu mendapatkan selusin aplikasi atau lebih yang tidak betul-betul diinginkan atau diperlukan. Oleh alasannya adalah itulah, aneka macam pengguna yang mencari cara hapus aplikasi bawaan android.

 Terlalu banyaknya aplikasi bawaan atau default yaitu masalah yang jauh lebih lazim terjad Hindari Hp Lemot Dengan 5 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Berikut

Sebenarnya kebanyakan aplikasi bawaan tidak menimbulkan bahaya. Namun aplikasi ini menghabiskan ruang penyimpanan dan daya tata cara yang mampu digunakan oleh aplikasi yang lebih diharapkan. Aplikasi tersebut juga mampu membingungkan dan menumpuk di ponsel yang padahal seluruhnya memiliki fungsi sama.

Demi keefektifan ponsel, semestinya hapus aplikasi bawaan yang tidak dipakai dengan mengikuti cara-cara berikut ini:

1. Copot Pemasangan Aplikasi

Copot pemasangan aplikasi ialah salah satu cara untuk meniadakan aplikasi dari Android, baik aplikasi bawaan atau bukan. Pertama, masuk ke Setelan kemudian klik "Aplikasi dan pemberitahuan". Selanjutnya klik "Lihat semua aplikasi". Cari aplikasi yang ingin dihapus kemudian klik Copot Pemasangan.

2. Nonaktifkan Aplikasi

Terkadang aplikasi bawaan tidak bisa dihapus dengan mencopot pemasangan. Hal itu dikarenakan setelan pabrik mengintegrasikannya dengan sistem Android-nya. Jika demikian, menonaktifkan aplikasi bawaan akan lebih berkhasiat. Meskipun cara ini tidak meniadakan aplikasi bawaan, setidaknya mampu menghalangi aplikasi beroperasi. Dengan demikian, aplikasi tersebut tidak menghabiskan sumber daya sistem.

3. Debugging USB

Cara yang ketiga ini yakni cara hapus aplikasi bawaan android yang cukup rumit. Cara ini dilaksanakan saat aplikasi bawaan tidak mampu dihapus dengan pencopotan pemasangan dan tidak bisa pula dinonaktifkan. Pertama, aktifkan mode USB Debugging pada Android.

Caranya yakni buka pengaturan kemudian buka "Tentang Ponsel" kemudian ketik "Nomor Versi" sebanyak tujuh ketukan. Kemudian akan muncul Opsi Pengembang lalu aktifkan Debugging USB. Kemudian instal Universall USB Driver dan ADB Driver Fastboot pada komputer atau laptop. Instal pula App Inspector di Android.

Aplikasi ini memiliki kegunaan untuk mengetahui package name dari aplikasi bawaan yang ingin dihapus. Setelah itu, hubungkan android dengan komputer menggunakan kabel USB.  Lalu buka jendela PowerShell bila komputer menggunakan Windows atau Terminal bila komputer menggunakan mac OS. Keduanya dapat dibuka dari folder Android Studio dimana ADB sudah terinstal.

Kemudian lakukan perintah ". Adb devices" (pada Mac tidak perlu ada ". ") untuk memperlihatkan daftar perangkat. Lalu untuk menertibkan perangkat Android yang sedang terhubung, kerjakan perintah "adb shell". Terakhir yaitu lakukan perintah "pm uninstall -k --user 0 ". Appname yakni package name aplikasi bawaan yang akan dihapus yang sebelumnya telah dicari dengan App Inspector.

4. Rooting Android

Cara selanjutnya yaitu dengan rooting ponsel Android. Seperti Debugging USB, cara ini juga sedikit rumit. Cara ini juga akan menetralisir garansi ponsel sebab dengan cara ini pengguna menerima kontrol sarat atas ponsel dan software di dalamnya. Selain itu, rooting mengakibatkan resiko kecil yang mungkin mampu merusak ponsel. Menghapus aplikasi bawaan memang sungguh sulit, tetapi senantiasa ada cara yang mampu dikerjakan.

Untuk melakukannya, baca tutorial Pengembang XDA terlebih dulu. Panduan tersebut berisi penjelasan yang sungguh rinci untuk jenis Android apapun. Setelah yakin untuk melaksanakan cara ini, instal aplikasi rooting, contohnya Root App Deleter untuk menghapus aplikasi bawaan.

5. Hapus Aplikasi Bawaan dengan CCleaner

Cara yang satu ini cukup gampang namun tidak selalu sukses. Akan namun tidak ada salahnya juga untuk dicoba. Pertama, download dan install aplikasi CCleaner dari Google Play Store. Buka aplikasi tersebut kemudian klik garis tiga di pojok kiri atas aplikasi untuk menjadikan pilihan menu.

Setelah itu, pilih App Manager. Pilih System dan klik aplikasi bawaan yang ingin dihapus dari perangkat Android. Langkah terakhir, klik tombol Uninstall untuk menghapusnya.

Nah, demikianlah 5 cara hapus aplikasi bawaan android. Beberapa mudah dilakukan, namun beberapa juga rumit dan memiliki beberapa resiko kecil. Akan tetapi perlu diingat bahwa meniadakan aplikasi bawaan mampu menjadikan kemungkinan terjadinya beberapa masalah pada metode Android. Oleh karena itu, lakukanlah dengan bijak dan pelajari dengan benar resiko-resiko yang hendak terjadi.

0 Response to "Hindari Hp Lemot Dengan 5 Cara Hapus Aplikasi Bawaan Android Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel